Cara Menghitung Rumus Angka Imigrasi Penduduk

Cara Menghitung Rumus Angka Imigrasi Penduduk

Cara Menghitung Rumus Angka Imigrasi Penduduk – Migrasi secara geografis dapat diartikan sebagai perpindahan penduduk antar wilayah. Proses perpindahan penduduk dapat terjadi dalam satu batas administrasi atau keluar batas administrasi. Pada hakikatnya imigrasi penduduk karena tidak ada fasilitas – fasilita khusus sehingga seseorang akan melakukan imigrasi dari daerah yang satu ke wilayah yang lain.

Penduduk yang didaerahnya mempunyai fasilitas ekoniminya yang berkurang atau ekonominya rendah maka mereka akan pindah ketempat atau kedaerah yang ekonominya tinggi, yang dimana membuat mereka bisa mendapatkan ekonomi yang berbeda dari daerahnya. contoh seperti ibu kota Jakarta yang dimana ekonominya tinggi sehingga banyak warga dari daerah pada pindah ke Jakarta untuk mendapatkan ekonomi yang lebih baik dari daerahnya.

Cara Menghitung Rumus Angka Imigrasi Penduduk

Dibawah ini ada beberapa jenis imigrasi penduduk:

1. Komuter, yaitu perpindahan penduduk bolak-balik dalam satu hari karena suatu kepentingan. Contohnya penduduk Bekasi pagi hari bernagkat kerja ke Jakarta kemudian sore harinya kembali ke wilayah asal.
2. Urbanisasi, yaitu perpindahan penduduk dari desa ke kota.
3. Ruraliasasi, yaitu perpindahan penduduk dari kota ke desa.
4. Transmigrasi, yaitu perpindahan penduduk dari daerah yang padat penduduk ke daerah yang jarang penduduknya.
5. Imigrasi, yaitu perpindahan penduduk dari luar negeri menuju dalam negeri (Indonesia).
6. Emigrasi, yaitu perpindahan penduduk dari dalam negeri menuju luar negeri.
Tahukah kamu bahwa angka migrasi suatu daerah dapat dihitung dengan mudah?. Untuk menghitung angka migrasi pada suatu wilayah digunakan beberapa ukuran seperti Angka Migrasi Masuk, Angka Migrasi Keluar dan Angka Migrasi Netto.

Menghitung imigrasi penduduk

1.Angka Migrasi Masuk (Mi) adalah angka yang menunjukkan banyaknya migran yang masuk per 1.000 penduduk di suatu wilayah dalam satu tahun.
2.Angka Migrasi Keluar (Mo) adalah angka yang menunjukkan banyaknya migran yang keluar dari suatu wilayah per 1.000 penduduk dalam satu tahun.
3.Angka Migrasi Netto (Mn) adalah selisih banyaknya migran yang masuk dengan migran yang keluar dari satu wilayah per 1.000 penduduk dalam satu tahun.
Perhitungan imigrasi penduduk ini penting untuk mengetahui apakah suatu daerah memiliki wilayah yang menarik sehingga banyak penduduk yang datang atau mempunyai wilayah yang tidak begitu menarik sehingga banyak penduduk yang pergi.

Author: onlinelanguagetranslators

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *